Jumat, 14 Januari 2011

Ayu Azhari


Profil

Nama: Ayu Azhari  
Nick Name: Ayu
Tanggal lahir: 19 Nov 1969 
Status: Menikah
Zodiak: Scorpio 
Lahir di: Jakarta
Debut: Film 'Bercinta Dalam Badai' (1984)  
Awards and Recognitions: Best Actress Asia Pacific Film Festival (2001)
Ayu Azhari, nama populernya, mulai masuk duni seni peran sejak usia muda. Film pertama yang ia bintangi adalah Bercinta Dalam Badai  pada 1984 dan disusul dengan Si Buta dari Gua Hantu setahun kemudian.
Penonton Indonesia mulai mengenal namanya saat ikut membintangi  film arahan sutradara kawakan Indonesia, Teguh Karya yang berjuul Ibunda pada 1986. Kisah  Inda terjadi dengan latar belakang kota Jakarta, ketika Ibu Rakhim (Tuti Indra Malaon) seorang janda priyayi, menghadapi dua masalah dalam keluarganya.
Fitri anak perempuan bungsunya (diperankan Ayu Azhari) mempunyai pacar Luke (Alex Komang) yang dibenci oleh Farida (Niniek L. Karim), kakak Fitri, dan suaminya yang kaya dari kalangan bangsawan Jawa, Gatot.
Alasan sang kakak membenci Luke yang seorang Papua bukan Orang Jawa. Pada saat yang bersamaan anak laki-lakinya yang lain, Fikar, meninggalkan istri dan anak-anaknya untuk tinggal dengan seorang artis.
Film ini berusaha menunjukkan sisi psikologi dari seorang ibu dan hubungan moral diantaranya dalam menyelesaikan masalah keluarganya. Film Ibunda meledak di Indonesia dan  memperoleh sembilan  penghargaan Piala Citra pada Festival Film Indonesia tahun 1986.
Sukses dengan perannya di Ibunda, Ayu terus melaju dengan berbagai film. Ayu merupakan salah satu pemeran  film laris yang dibintangi Ongky Alexander, Catatan Si Boy (1987). Belasan film telah Ayu bintangi diantaranya Harga Sebuah Kejujuran (1988), Java Burn (1988), Ketinggalan Kereta (1989), Outraged Fugitive / Without Mercy (1995) dan Perkawinan Siti Zubaedah (1997). Sosok molek Ayu Azhari di akhir 1980-an lekat dengan film-film yang menampilkan tubuh seksinya.  
Saat film Indonesia mulai mati suri dan sinetron mengamil alih, Ayu Azhari juga terlibat dalam sinetron. Debutnya di dunia sinetron diawali dengan Benang-Benang Emas, dan istri Pilihan. Perannya sebagai istri yang teraniaya dalam Noktah Merah Perkawinan kembali melambungkan nama Ayu.
Ayu menjadi salah satu pemeran Indonesia yang paling digandrungi kala itu. Selain itu, hampir semua sinetron yang ia bintangi terkenal luas dan mendapat sambutan dari pemirsa televisi diantaranya Istri Pilihan, Diantara Dua Pilihan, Mentari Di Balik Awan, Selalu Untuk Selamanya.  Awal 2010 Ayu Azhari kembali berkecimpung di dunia film dengan membintangi sebuah film berjudul Sst, Jadikan Aku Simpanan.
Keberhasilan Ayu kemudian diikuti beberapa oang saudaranya diantaranya Sarah Azhari, Ibra Azhari dan Rahma Azhari.

Selain sebagai model dan bintang akting, Ayu juga mulai mengeluti dunia tarik suara. Ayu mengeluarkan album baru beraliran dangdut dan telah diluncurkan pada Mei 2006. Dari satu album, dia percaya diri menyanyikan dua lagu ciptaannya sendiri berjudul  Ibu dan I Love You So Much. Pada 9 Mei 2009, Ayu kembali meluncurkan sebuah single berjudul  Jawaban Rinduku Padamu, SBY.  Melalui  lagu ini Ayu ingin mencoba memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.
Akhir 2009, ia kembali menjadi topik pembicaraan ketika mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi pada Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung Mei 2010. Ayu akan  maju ke Pilkada sebagai wakil dari PDIP. Namun kampanye hitam (black campaign) di dunia maya menyebarkan foto-foto Ayu yang beradegan syur serta foto-foto seksinya. Menghadapi hal tersebut, Ayu mengaku tetap kukuh akan ikut serta dalam Pilkada jika diizinkan. 

ASMARA
Kisah hidup Ayu Azhari penuh sensasi. Wanita Ayu ini melangsungkan pernikahan sebanyak tiga kali. Suami pertamanya adalah rocker Indonesia, Wisnu Djodi Gondokusumo, yang kemudian bercerai dengan satu orang anak bernama Axel Gondokusumo. 
Ayu kemudian menikah untuk kedua kalinya dengan Teemu Yusuf Ibrahim, seorang pria keturunan Pakistan. Dari perkawinan keduanya, Ayu memperoleh tiga orang anak, yaitu Sean Azad, Mariam Nur Al Iman dan Sulaiman Atiq. Namun pasangan ini kemudian bercerai.
Ayu kemudian menikah untuk ketiga kalinya dengan  Mike Tramp, salah seorang personel grup musik rock White Lion. Dari perkawinan ketiganya, Ayu dan Tramp dikaruniai dua orang anak yaitu Isabelle Tramp dan Lennon Tramp. Ayu melahirkan anak keenamnya di Amerika Serikat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar